INTERNET
Minggu, 06 Januari 2008

















Apa itu internet...?
Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia yang terhubung satu sama yang lain. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan memiliki alamat IP yang unik dan berkomunikasi satu sama yang lain dengan bahasa komunikasi yang sama. disebut protokol,yaitu TPC/IP.
Dengan memanfaatkan semua jaringan yang saling berhubungan tersebut, Internet telah menjadi sember Informasi Global yang dapat diakses oleh anyone, anywhere, anywhen all in the world.
Penyedia Jasa Internet
Beragam layanan dapat disediakan melalui internet. layanan-layanan ini di sediakan oleh Penyadia Jasa Internet ( ISP = Internet Service Provider). Beberapa dari jenis layanan itu adalah Electronic Mail, World Wide Web, File Transfer, IRC, Telnet, etc.

Orang yang ingin memiliki akses ke internet harus memiliki Internet Account, dengan mana ia dapat mengakses Internet. Untuk mendapatkan account tersebut, orang itu harus berlangganan kepada Penyadia Jasa Internet (ISP).

Electronic Mail
Electronic Mail ( e-mail) atau surat electronic adalah layanan yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan surat dengan menggunakan komputer. Seperti surat biasa,e-mail yang dikirim akan ditampung dalam mailbox si penerima. Format standar dari e-mail adalah text biasa, tapi pengirim dapat melampirkan (attach) file apapun atau grafik ke dalam e-mail tersebut. Pengiriman e-mail menggunakan protokol Simple Mail Transfer Protokol (SMTP),
sedangkan penerimanya menggunakan protokol Post Office Protokol (POP) . Untuk membaca surat, dipergunakan software seperti Microsoft Outlook Express, Netscape Messenger atau Eudora.

News
News(berita) adalah seperti berita-berita yang dipasang di papan pengumuman yang dapat dibaca semua orang. saat ini terdapat puluhan ribu newsgroups. News dikirim ke server news dengan protokol Network News Transport Protokol (NNTP). Untuk mengirim dan membaca News, dipakai software-software seperti Microsoft Outlook Express atau Netcape Messenger.

Word Wide Web
Word Wide Wed (WWW) adalah jaringan informasi yang terdiri dari teks dan gambar yang disebut Hyper Text. Web milik seseorang disebut homepage. WWW sangat cocok untuk media iklan, seperti profil perusahaan, katalog atau brosur.

WWW ditulis dengan bahasa Hyper Text Markup Language (HTML), dan mempergunakan protokol Hyper Text Transport Protokol (HTTP), untuk berkomunikasi satu sama yang lain. Sistem pengamatanya memakai Uniform Resource Locator (URL), yang menunjukan nama domain, directory serta nama file pada homepage tersebut. Untuk melihat WWW, software WWW Browser seperti Microsoft Internet Explorer atau Navigator umum dipergunakan.

File Transfer
Melalui Internet kita dapat mengirim dam menerima (download) file dari komputer lain. Transfer file mempergunakan File Transfer Protokol (FTP) dan untuk melakukan transfer file, dipergunakan software-software eperti CuteFTP,WSFTP,dll.file, video conference, dll melalui Internet. Percakapan dapat dilakukan setelah terhubung ke server chat dengan software seperti mIRC, MSN Messenger, Yahoo Messenger.

Internet Relay Chat & Internet Messenger
Dengan software tersebut kita dapat melakukan percakapan tertulis, pengiriman file,video conference, dll melalui Internet. Percakapan dapat dilakukan setelah terhubung ke server chat dengan software seperti mIRC, MSN Messenger, Yahoo Messenger.

Telnet
Telnet adalah aplikasi untuk menghubungkan host lain melalui Internet. Software seperti Hyper Terminal,CRT, dll umum digunakan untuk login ke host lain tersebut.



 
posted by blog tono batam at 11.03 | Permalink


0 Comments: